Senin, 23 Maret 2015

Terkoneksi ke internet tanpa filter bagaikan rumah tanpa pagar dengan pintu yang tidak dikunci.

Filter digunakan untuk mengurangi risiko, meskipun memang tidak bisa menghilangkan risiko sama sekali. Filter tersebut dapat dipasang di komputer atau laptop secara individual, jaringan komputer lokal (LAN-Local Area Network), atau dipasang di ISP (Internet Service Provider)/PJI (Penyelenggara Jasa Internet). Resiko tersebut berasal dari Situs-situs dengan konten berupa pornografi, perjudian, sadisme, penipuan, pelanggaran privasi, dan aktivitas lain yang merugikan seperti phishing dan malware, yang sebaiknya tidak diakses oleh siapa pun.

Dengan DNS Nawala, kita bisa mengurangi resiko tersebut. DNS Nawala adalah filter yang tersedia secara gratis, bebas pakai, mudah, independen, dan terbuka bagi siapa pun dan telah teruji sejak 2009 digunakan oleh pengguna internet untuk menyaring akses ke situs-situs negatif tersebut.

Tips Aman dalam Sosial Media
  • Tanyakan selalu perihal data informasi pribadi seperti siapa yang bisa mengakses dan menyimpan data secara online
  • Pastikan anda menggunakan passwords yang aman untuk mengakses jejaring sosial.
  • Pastikan Anda memahami privacy settings/pengaturan privasi awal yang disediakan oleh situs jejaring sosial, dan cara mengubahnya.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan akun atau identitas terpisah, atau nama samaran berbeda, untuk kampanye atau kegiatan yang berbeda.
  • Hati-hati saat mengakses akun jejaring sosial anda di tempat umum pastikan menghapus history.
  • Akses situs jejaring sosial menggunakan https:// untuk menjaga nama pengguna, kata sandi dan informasi lain yang anda posting.
  • Berhati-hati lah untuk tidak menempatkan terlalu banyak informasi dalam update status anda bahkan walaupun anda mempercayai orang-orang dalam jaringan anda.
  • Sebagian besar jejaring sosial memungkinkan anda untuk mengintegrasikan informasi dengan jejaring sosial lainnya. Berhati-hatilah karena mungkin anda terekspos oleh jejaring sosial (berantai).
Tips Membuat Kata Sandi
  1. Buatlah yang panjang: Semakin panjang, semakin sulit program komputer untuk menebaknya dalam waktu singkat. Sebaiknya kata sandi sedikitnya memuat sepuluh karakter atau lebih.
  2. Buatlah yang rumit: Jika memungkinkan, anda dapat menggunakan huruf kapital, huruf kecil, angka dan simbol-simbol, seperti tanda seru dalam kata sandi anda.
  3. Buatlah yang praktis: Jika anda sampai harus menuliskan kata sandi anda karena tidak bisa mengingatnya, anda rentan terhadap berbagai ancaman baru karena dalam hitungan detik dapat dengan mudah dibongkar menggunakan perangkat yang tersedia di Internet.
  4. Jangan buat yang terlalu pribadi: Kata sandi anda sebaiknya tidak berkaitan secara langsung dengan anda. Nomor KTP, nomor telepon, nama anak, nama hewan peliharaan, tanggal lahir atau apapun yang dapat diketahui orang lain dengan meneliti sedikit tentang data diri anda.

0 komentar:

Posting Komentar