Selasa, 22 Desember 2015

Pasca penataan ulang dan refarming frekuensi di 1.800 MHz, Telkomsel langsung tancap gas memperkuat sekaligus memperluas cakupan sinyal 4G LTE di kota sekitar Jakarta yang meliputi Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.
Di kota-kota itu sebelumnya sudah lebih dulu merasakan akses 4G LTE sejak Desember 2014 lalu menggunakan lebar pita 5 MHz di spektrum 900 MHz. Kini, 4G di area tersebut diperkuat dengan tambahan pita 10 MHz di spektrum 1.800 MHz.
Menurut Vice President LTE Commercial Telkomsel, Lindayanti Harjono, beroperasinya layanan 4G LTE di kawasan penduduk yang memiliki mobilitas tinggi ini akan semakin mendukung produktivitas serta digital lifestyle yang lebih baik.
"Perluasan cakupan 4G LTE ke kawasan di sekitar Jakarta kami lakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi layanan data yang tinggi oleh masyarakat, terbukti dengan kenaikan penggunaan layanan data sebesar 100% di Bodetabek dalam kurun waktu satu tahun terakhir," kata Linda di Jakarta, Minggu (20/12/2015).

Lebih lanjut dijelaskan olehnya, pasca refarming 1.800 MHz, tak cuma bandwidth dan cakupan layanan untuk pelanggan saja yang lebih besar, namun juga dari sisi ketersediaan handset 4G pun makin banyak dan semakin murah. Ada yang di rentang harga Rp 1 jutaan. 

Linda juga mengatakan, hingga saat ini sudah lebih dari 80% kawasan Jabodetabek telah dilayani oleh 4G LTE Telkomsel yang didukung oleh lebih dari 1.500 eNode B untuk BTS 4G.

Jaringan 4G ini sendiri telah mencakup lokasi-lokasi strategis seperti kawasan residensial, lokasi wisata, kampus, pusat perbelanjaan, area pelayanan publik, dan lain-lain. 

Adanya akses data cepat yang juga hadir dengan indoor coverage yang kuat ini diyakini Linda akan meningkatkan kepuasan pelanggan dalam menggunakan layanan mobile broadband yang cepat dan stabil.


Berikut, area-area di Jabodetabek yang sudah kebagian sinyal 4G Telkomsel:

Jakarta: Tomang, Grogol, Pal Merah Barat, Mangga Besar, Salemba, Menteng, Kalibata, Kalibata, Mampang prapatan, Pancoran, Kebayoran, Sudirman, Cipete, Gandaria, TB Simatupang, Dewi sartika, Pondok Indah, SCBD, Pasar Minggu, Pulomas, Jatinegara, Mangga Dua, Kelapa Gading, Sunter dan lainnya.

Bogor: Puncak, Cimanggis, Cisarua, Cileungsi, Taman Wisata, Jasmine Garden, Bojong Depok Baru, Rancamaya, Bogor City Central, Menteng Bogor dan lainnya.

Depok: Pondok Cina Depok, Permata Depok, Cinere Country, Margo City, Andara, Taman Duta, Krukut Raya, Depok Indah, Kampus Universitas Indonesia Depok dan lainnya.

Tangerang: Pamulang, Serpong indah, Bintaro Jaya, Pondok Kranji, Ciledug Raya, Bandara Soekarno Hatta, Ciputat Baru, Lippo Karawaci, Alam Sutera, Rempoa dan lainnya.

Bekasi: Taman Galaxy, Pondok Cipta, Jati Waringin, Cikarang, Bintara Raya, Jati Warna, Pekayon, Harapan Indah, DeltaMas, Duta Indah, Jati Bening, Cikunir, Harapan Jaya, Duta Kranji dan lainnya.

Jangkauan 4G di Tiap Kota Minimal 80%

Ketika menggelar layanan 4G LTE, Telkomsel menurut Linda, selalu memastikan ketersediaan jaringan yang tersebar mampu mencakup mayoritas wilayah kota tersebut atau sekitar minimal 80%.

"Karena kami ingin memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan. Tahun depan kami akan memperluas layanan ini ke paling tidak dua kali lipat jumlah kota yang kami gelar tahun ini," jelasnya. 

Bagi pelanggan yang ingin berlangganan layanan 4G LTE, Telkomsel memberikan kemudahan berupa penukaran kartu SIM lama yang dimiliki dengan uSIM baru secara gratis tanpa harus mengubah nomor saat ini. 

"Pelanggan bisa menukarkan SIM card lama mereka di pusat layanan pelanggan Telkomsel seperti GraPARI, booth kami di pusat perbelanjaan, bahkan kami juga punya mesin semacam ATM untuk tukar kartu. Prosesnya cepat dan mudah, cuma satu setengah menit saja," papar Linda.

Kemudian pelanggan yang saat ini telah memiliki paket data Telkomsel, dapat melanjutkan penggunaan paket tersebut dengan tarif yang sama dengan paket data biasa di 3G tanpa tambahan biaya untuk 4G LTE. 

Sejak diluncurkan secara komersial pertama kali di Jakarta dan Bali pada akhir 2014 lalu, layanan 4G Telkomsel terus diadopsi oleh masyarakat Indonesia di berbagai kota. 

Hingga tutup tahun 2015 ini, 4G Telkomsel sudah menjangkau 14 kota besar. Rencananya tahun depan, minimal akan ada 16 kota lagi. Sehingga jelang tutup tahun 2016 akan ada 30 kota yang sudah dilayani 4G Telkomsel.

"Sejauh ini jumlah pelanggan Telkomsel yang telah beralih ke layanan 4G dan menggunakan uSIM 4G telah mencapai 2,2 juta pelanggan, dan terus meningkat seiring dengan banyaknya permintaan penggantian uSIM, baik di berbagai customer touch point maupun ketika roadshow 4G LTE dilakukan di mal-mal," lanjut Linda. 

Secara nasional, Telkomsel telah membangun 3.000 eNodeB atau BTS 4G yang tersebar di 14 kota. Layanan 4G Telkomsel juga bisa tetap aktif digunakan meski sedang bepergian ke luar negeri berkat kerja samanya dengan 37 mitra operator dari 31 negara di lima benua untuk International Roaming 4G LTE.

sumber : DETIK

0 komentar:

Posting Komentar